Menu

Arsenal 1-0 Stoke City

Getty Images Getty Images

Lukas Podolski tampil sebagai pahlawan Arsenal setelah gol tunggalnya memastikan The Gunners memetik kemenangan tipis 1-0 ketika menjamu menjamu Stoke City di Stadion Emirates dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (2/2) malam WIB.

Dalam pertandingan ini, manajer Arsene Wenger memberikan kesempatan kepada Nacho Monreal menjalani debutnya sebagai pemain Arsenal. Monreal masuk ke dalam daftar pemain untuk menggantikan Kieran Gibbs yang menderita cedera. Secara keseluruhan, manajer Arsene Wenger melakukan lima perombakan dari komposisi pemain yang bermain imbang 2-2 melawan Liverpool.

Thomas Vermaelen tidak masuk daftar, sedangkan Aaron Ramsey, Santi Cazorla dan Lukas Podolski menghangatkan bangu cadangan. Sementara Laurent Koscielny, Abou Diaby, Mikel Arteta dan Alex Oxlade-Chamberlain tampil sebagai starter.

Di lain sisi, manajer Stoke City Tony Pulis melakukan dua perubahan dari komposisi pemain yang ditahan imbang Wigan Atheltic 2-2. Ryan Shotton dan Andy Wilkinson masuk sebagai starter, menggantikan Dean Whitehead dan Charlie Adam.

Permainan Arsenal cukup labil di babak pertama, sehingga tidak bisa membuka keunggulan dari tamunya. Namun permainan mereka mengalami peningkatan di babak kedua, dan Podolski yang masuk sebagai pemain pengganti mencetak gol kemenangan bagi tuan rumah.

Babak pertama

Bermain di hadapan pendukungnya membuat Arsenal memperagakan permainan ofensif untuk memberikan hasil bagus. Tuan rumah sudah menghadirkan ancaman di menit ketiga, namun tak bisa dimaksimalkan Alex Oxlade-Chamberlain.

Tekanan bertubi-tubi sepanjang sepuluh menit pertama membuat Stoke City tidak bisa mengembangkan permainan. Tim tamu baru bisa melayani permainan agresif ini setelah Arsenal sedikit menurunkan tempo.

Theo Walcott melakukan kesalahan ketika ingin memberikan umpan di menit ke-14. Bola jatuh ke kaki Glenn Whelan yang langsung melambungkannya ke depan. Jonathan Walters menyambut bola, dan melepaskan tendangan voli, tapi mengarah ke kiper Wojciech Szczesny.

Duel antara Arsenal dan Stoke City tidak juga mengalami peningkatan dibandingkan di sepuluh menit pertama. Bola lebih sering bergulir di sektor tengah, sehingga tidak menghadirkan banyak ancaman berbahaya.

Selepas laga berjalan setengah jam, Arsenal mendapatkan peluang. Walcott lepas dari kawalan Andy Wilkinson, tapi kiper Asmir Begovic melakukan penyelamatan. Begovic kembali melakukan penyelamatan di menit ke-41 ketika ia menepis tendangan melengkung Oxlade-Chamberlain.

Arsenal masih mencoba untuk menekan pertahanan Stoke City, namun dapat dikandaskan. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Permainan Arsenal dan Stoke City tidak berubah di babak kedua. Tuan rumah mampu memonopoli penguasaan bola, dan membuat Stoke City kewalahan. Kendati demikian, Arsenal tak bisa menciptakan peluang di awal babak kedua ini.

Nacho Monreal yang turut membantu serangan sempat memberikan ancaman di pertahanan Stoke City di menit ke-53, tapi umpan silangnya dapat dihalau barisan belakang tim tamu. Beberapa saat kemudian, Arsenal kembali mendapatkan peluang. Olivier Giroud masuk ke pertahanan Stoke City, namun ia terlambat menyambut umpan Jack Wilshere.

Melihat kebuntuan tim besutannya, Wenger kemudian memasukkan Santi Cazorla dan Lukas Podolski di menit ke-68, serta menarik keluar Abou Diaby dan Oxlade-Chamberlain.

Masuknya Cazorla dan Podolski membuat intensitas serangan Arsenal mengalami peningkatan. Pada menit ke-72, Cazorla mengirimkan umpan silang kepada Giroud, tapi lebih dulu dipatahkan Begovic.

Arsenal akhirnya memecahkan kebuntuan di menit ke-78. Berawal dari tendangan bebas Podolski, bola membentur Geoff Cameron, sehingga mengubah arah si kulit bundar yang tak bisa diantisipasi Begovic.

Keunggulan satu gol ini membuat Arsenal lebih nyaman menguasai permainan. Selang dua menit kemudian, Cazorla mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan, tapi dapat digagalkan Begovic. Skor 1-0 ini pun bertahan hingga laga berakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Arsenal: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Diaby (Cazorla 68'), Arteta, Wilshere; Oxlade-Chamberlain (Podolski 68'), Walcott (Ramsey 90+1'), Giroud
Cadangan: Mannone, Jenkinson, Santos, Ramsey, Rosicky, Cazorla, Podolski

Stoke: Begovic; Shotton, Shawcross, Huth, Wilkinson; Walters (Jerome 84'), Cameron (Owen 84'), Nzonzi, Whelan, Etherington; Crouch (Jones 83').
Cadangan: Sorensen, Jones, Owen, Adam, Whitehead, Kightly, Jerome.

sumber: goal.com

back to top