Menu

Sejarah Arsenal Indonesia

Arsenal Indonesian Supporters atau AIS lahir dari sebuah sebuah milis Arsenal di Indonesia, This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. . Milis itu sendiri berdiri sejak awal Desember 2003, atas prakarsa 2 orang pendukung Arsenal, Erwin Pires [erPRS7] dan Gege Cuek .

Tujuan awal milis ini adalah untuk memberikan wadah bagi para pendukung Arsenal untuk saling berbagi, bertanya, bertukar informasi seputar Arsenal. Seiring perputaran waktu, anggota milis itu semakin lama semakin berkembang dengan cukup pesat. Dalam waktu 3 bulan saja telah terkumpul lebih dari 50 anggota. Perkembangan ini terus diikuti dengan seringnya diadakan nonton bareng (nonbar) di kafe-kafe atas kerjasama Tabloid BOLA dan Tv7. 

Hal yang menggembirakan ini membuat para pengurus milis mulai memikirkan didirikannya sebuah fans club. Pertemuan demi pertemuan mulai sering diadakan oleh pengurus di rumah Ahmad Setyono atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Haji.

Selain itu, informasi mengenai perkembangan fans club terus disebarluaskan melalui milis maupun sms ke anggota-anggota yang berada di luar Jakarta, seperti Surabaya, Bandung, Palembang, dan kota-kota lainnya.

Walhasil, pada 24 April 2004 di rumah Pak Haji (bertepatan dengan pertandingan Arsenal vs Livepool), ditetapkan telah berdiri sebuah fans club dengan nama ARSENAL INDONESIAN SUPPORTERS dan hal-hal lainnya terutama mengenai administrasi akan dikerjakan sambil berjalan.

Kemudian berdirinya AIS mulai diperkenalkan dengan mengirimkan pemberitahuan ke khalayak umum melalui Tabloid BOLA, Tabloid GO dan Majalah SOCCER. Responnya ternyata sangat-sangat diluar dugaan. Sangat banyak pembaca yang mengirimkan sms atau menelpon ingin bergabung dengan AIS. 

Perkembangan yang sangat menggembirakan ini membuat pengurus semakin bersemangat dan semakin bangga memberikan dukungan kepada Arsenal. Semoga hal ini tidak akan pernah berubah...!!

Dengan kepengurusan yang baru, dan terdaftarnya Arsenal Indonesian Supporter di Arsenal Football Club, London. Diharapkan lebih banyak lagi memberikan warna kepada dunia sepak bola di Indonesia. 

Saat ini, keanggotaan Arsenal Indonesia Supporter Club telah mencapai 1,600 anggota dan telah resmi mendirikan 50 regional di kota - kota di Indonesia.